Rabu, 03 Juli 2013

Inilah Makanan Khas Kalimatan Timur

Makanan khas kalimantan timur

Makanan khas kalimantan timur – Masakan dan makanan khas Kalimantan Timur sangat beragam dan sangat dipengaruhi oleh budaya dari suku asli maupun suku pendatang, seperti Dayak, Kutai, Banjar, Jawa, maupun Bugis.
Berikut ini adalah masakan dan makanan khas Kalimantan Timur :
  • Bubur Pedas
Bubur pedas adalah makanan khas suku Melayu Sambas, Kalimantan Barat. Dahulu bubur pedas ini disajikan di kerajaan. Makanan ini dinamakan bubur pedas bukan karena menggunakan cabai yang banyak, namun aroma rempah-rempah dalam bubur ini. Bubur pedas dimasak  dengan mencampuri beras sangrai dan kelapa sangrai yang ditumbuk halus dengan berbagai bumbu seperti lengkuas, cabai, bawang merah, bawang putih, lada hitam, sereh, jinten, ketumbar, kunyit, adas, daun salam, dan aneka sayur yang sesuai dengan selera.
  • Ayam cincane
Ayam Cincane adalah salah satu kuliner andalan di kota Samarinda. Biasanya, kuliner ini dijadikan hidangan utama ketika masyarakat Samarinda menyelanggarakan pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan. Ketika sedang berwisata kuliner ke kota Samarinda, menu Ayam Cincane dapat dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan. Daging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri dari Ayam Cincane.
  • Nasi Bekepor
Nasi Bekepor adalah nasi liwet dengan campuran minyak sayur, rempah-rempah, dan potongan ikan asin. Ada lauk tambahan pada nasi bekepor, yaitu daging masak bumi hangus, dan sayur gangan asam kukar. Daging masak bumi hangus semacam daging bumbu kecap. Sedangkan gangan asam kukar adalah sayur harian yang hanya muncul di menu pada hari kamis. Gangan asam kukar adalah sejenis sayur asem, seperti pindang hanya jauh lebih berbumbu, dengan memakai kepala ikan dan ubi manis.
  • Nasi kuning
Nasi kuning adalah makanan khas kalimantan timur. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santanrempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia.
  • Amplang
Amplang Camilan sejenis kerupuk ini memang berbeda dengan “kerupuk-kerupuk” lainnya. Bentuknya yang khas (seperti kuku macan), dengan rasa ikan yang gurih serta ukurannya yang sekali suap memang membuat amplang kuku macan banyak diburu orang.
  • Lemang
Lemang merupakan makanan sederhana yang terbuat dari ketan yang dimasak dalam buluh banbu yang dilapisi daun pisang didalamnya agar beras ketan dan dinding bamboo tidak lengket saat dikeluarkan. Namun lemang merupakan makanan orang-orang Melayu yang sangat penting dalam kehidupan berbudayanya. Dalam masyarakat suku Dayak di Kalimantan, lemang kerap dijadikan sebagai sesaji dalam setiap upacara adatnya.
Bagi masyarakat muslim, biasanya lemang dibuat untuk acara-acara seperti Hari Raya Aidilfitri dan Hari Raya Haji. Beberapa resep lemang menambahkan jagung. Lemang biasanya dimakan dengan rendang.
  • Lempok durian
Lempok durian merupakan oleh-oleh yang paling khas dari kota Samarinda. Lempok adalah dodol yang dikenal di daerah lain. Kata lempok selalu diasumsikan sebagai dodol durian, karena lempok hampir tidak dikenal dibuat dengan bahan utama lain selain durian.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

news.detik

Yuk di Follow